Saat membuat jendela, fungsi sebaiknya diutamakan terlebih dahulu. Yang pertama, usahakan semua ruangan memiliki jendela supaya sirkulasi cahaya dan udara baik. Yang kedua, ke mana posisi jendela menghadap. Karena ke mana arah posisi jendela menghadap berpengaruh dengan kenyamanan penghuni.

Dan yang terpenting adalah bahan material jendela. Di zaman yang semakin maju dan berkembang ini pasti lebih banyak bahan material yang beragam seperti yang dikatakan oleh Fadli Sirajuddin, "Kalau dulu bahan jendela dari kayu masih sangat digemari karena tekstur dan kesan naturalnya, namun seiring perkembangan zaman dan pertimbangan kemudahan perawatan, kini bermunculan jenis-jenis material baru hasil inovasi arsitektur,"

Material yang paling ideal, pasti akan disesuaikan dengan kebutuhan, karena setiap bahan yang digunakan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Dan yang perlu dipertimbangkan yaitu pemilihan bahan antara kayu atau nonkayu. Sekuat dan sekokoh apa ketahanan bahan terhadap hewan pengganggu, muai usut, ketersediaan di pasaran, ketahanan terhadap cuaca, dan yang terakhir adalah harga.

Sebelum memilih material, kenali beberapa jenis jendela yang tahan lama dan umum digunakan, berikut ini:

Jendela Aluminium

 Jendela aluminium ini selain lebih tahan terhadap rayap, desain dapat dibuat sesuai pesanan. Keunggulan kusen aluminium adalah bobotnya yang ringan dan kuat sehingga mudah dipindahkan. Perawatannya yang simpel menjadi daya tarik bagi pembelinya di samping kualitas bahan aluminium. Warna cenderung lebih tahan lama jika dibandingkan jendela kayu yang harus dipoles setelah sekian lama terekspos udara atau cahaya langsung. Harganya pun cukup terjangkau.
Kenali Jenis Jendelanya yang Tahan Lama
Kenali Jenis Jendelanya yang Tahan Lama

Jendela uPVC

Jenis jendela ini juga sangat digemari belakangan ini. Walaupun secara harga masih lebih tinggi dibanding jendela aluminium, namun karena sifat bahannya yang lebih kuat serta memiliki varian warna dan bentuk yang beragam. Sifat bahannya yang sangat mudah dibentuk juga menjadi nilai tambah penggunaan material ini. Bagian tengahnya yang berongga membantu meredam panas, sementara penggunaan karet bisa mengurangi keramaian. Intinya, bahan ini merupakan bahan pabrikan yang sudah didesain khusus sehingga sangat memerhatikan fungsi jendela yang seharusnya.

Jendela Besi

Tidak perlu ditanyakan lagi apakah jendela besi kuat atau tidak? Dari namanya saja pasti orang sudah tahu betul bahwa besi tahan lama, kuat, dan tidak mengalami muai usut. Permasalahan jendela yang seret saat musim hujan pun tidak bakal terjadi lagi. Besi juga lebih awet karena tidak dimakan rayap, dengan perawatan yang cukup dilap dengan lap basah saja. Namun, karena masih belum cukup banyak digunakan, harganya terbilang tinggi karena harus dibuat per unit menyesuaikan pesanan.
Kenali Jenis Jendelanya yang Tahan Lama
Sumber : nova.grid.id

Dapatkan jendela rumah uPVC dari SGCKA yang awet dan berkualitas untuk menciptakan hunian yang nyaman dan sejuk. Lihat pula aneka koleksi jendela uPVC dari SGCKA berikut ini.

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Desain Halaman Rumah yang Unik dan Menarik

Artikel / Tips Desain Halaman Rumah

Mengenal 5 Jenis Pintu Minimalis yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Artikel / Jenis Pintu Rumah / Pintu Rumah uPVC

Daftar Tanaman Hias yang Dapat Bertahan di Dalam Ruangan Ber-AC

Informasi Umum / Daftar Tanaman Hias yang Dapat Bertahan di Dalam Ruangan Ber-AC

Tips Membersihkan Noda Kaca Yang Membandel

Artikel / Membersihkan Noda Kaca yang Membandel / Cara Membersihkan Kaca

Cara Merancang Jendela Kamar Tidur yang Bagus

Artikel / Jendela Kamar / Jendela Rumah