Pintu kamar mandi dirumah Anda gampang rusak? Yuk kenali dulu bahan pintu untuk kamar mandi Anda. Pintu kamar mandi sering rusak karena terkena percikan air. Apalagi jika kamar mandi kita berukuran kecil misalkan hanya 1,5 m x 1 m. jika pintu kamar mandi sering terkena cipratan air, maka akibatnya pintu lebih cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut maka kita harus pandai pandai dalam memilih materialnya. Ingin tau material pintu apa saja yang digunakan untuk pintu kamar mandi? Simak artikel dari SGCKA berikut ini.
Mengenal Beberapa Bahan Pintu untuk Kamar Mandi

1. Pintu Kayu

Pintu kayu lebih rentan terhadap cipratan air. Sering terkena cipratan, pintu menjadi lembap, kemudian lapuk, dan hancur. Kerusakan biasanya berawal dari bagian bawah karena bagian ini yang paling sering dan lama terkena air. Kalau pintu sudah lapuk dan hancur, jalan termudah adalah mengganti daun pintu berikut kusennya dengan yang baru. Karena itu, pintu kayu kurang cocok untuk kamar mandi kecil. Jika ingin menggunakan pintu kayu, pasang pintu pada area yang jauh dari cipratan air. Boleh juga Anda melapisnya dengan bahan yang tahan air, seperti akrilik, fiber, atau aluminium, pada bagian dalam yang menghadap kamar mandi.

2. Pintu Aluminium

Aluminium merupakan material yang tahan air dan korosi. Sebagai pintu kamar mandi, ia berbentuk rakitan yang menyatu dengan kusennya. Sifat aluminium yang tahan air dan anti korosi memungkinkan material ini digunakan sebagai pintu kamar mandi. Namun aluminium bukan pilihan yang terbaik sebagai pintu kamar mandi. Aluminium lebih rentan terkena goresan dan penyok alias ringkih. Selain itu, pada saat proses buka dan tutup, lama kelamaan akan menimbulkan suara derit yang nyaring. Presisi pintu pun mudah berubah akibat engsel atau rivet lepas atau kendur.
Mengenal Beberapa Bahan Pintu untuk Kamar Mandi
Mengenal Beberapa Bahan Pintu untuk Kamar Mandi

3. Pintu Vynil atau PVC

Vynil mirip plastik atau PVC. Material ini tahan air, antikorosi, tidak berisik, dan memiliki nilai artisitik lebih baik dari aluminium. Permukaannya pun bisa dilapisi material lain, seperti takon aneka motif dan warna. Harga pintu dari bahan vynil relatif rendah. Tidak memerlukan finishing, dan perawatannya pun mudah. Pintu ini menyatu antara daun pintu dengan kusennya. Sebagai pintu kamar mandi, bahan vynil bisa sebagai alternatif pintu yang tahap air dan tahan korosi.

4. Pintu uPVC

Pintu uPVC Merupakan salah satu produk pengembangan dari Kusen PVC. Kusen PVC biasanya digunakan hanya sebagai material indoor karena PVC kurang kuat dan mudah patah. Namun berbeda halnya dengan uPVC. Material yang merupakan singakatan dari Unplasticized Poly Vynil Chloride adalah suatu material turunan plastik, yang sifat plastiknya diminimalisasi sehingga bentuknya menjadi keras (berkurang kelenturannya), kuat dan kokoh.

Pintu uPVC memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan pintu lain misalnya pintu uPVC tidak memerlukan perawatan khusus, tidak korosi dan anti rayap, tahan cuaca, tidak mengalami kembang dan susut (pemuaian), tidak menghantarkan panas dan dapat mengurangi suara hingga 40 dB.

Mengenal Beberapa Bahan Pintu untuk Kamar Mandi
Sumber: www.ideaonline.co.id

Beli Pintu Kamar Mandi Rumah Anda hanya di SGCKA! Pintu kamar mandi Anda sering rusak? yuk beralih ke pintu dari bahan uPVC. Lihat aneka koleksi pintu kamar mandi dari bahan uPVC untuk kebutuhan Anda disini.

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Pintar Memilih Pintu untuk Rumah Minimalis

Tips / Memilih Pintu / Rumah Minimalis

Keunggulan Menggunakan Jendela dan Pintu dari Bahan uPVC

Artikel / Keunggulan Menggunakan Bahan uPVC

Inspirasi Kusen Jendela Kamar untuk Menambah Estetika Rumah

Inspirasi Kusen Jendela Kamar / Informasi Umum

Keunggulan Menggunakan Pintu Geser uPVC untuk Pintu Rumah Minimalis

Artikel / Pintu Geser uPVC untuk Rumah minimalis / Pintu Geser uPVC