Anda ingin menata ulang ruangan apartemen Anda? Apartemen yang Anda miliki tipe studio? Artikel berikut ini sangat cocok untuk Anda. Apatemen tipe studio ini banyak dipilih oleh beberapa orang yang biasanya masih sigle dan ingin mencari ruangan yang praktis dan minimalis.

Tipe ini memiliki layout yang serba terbuka atau tidak memiliki dinding pembatas ruang (kecuali kamar mandi). Semua fungsi tergabung menjadi satu ruang, layaknya kamar hotel. Nah, bagi Anda yang ingin menata ulang jangan bingung-bingung deh. Berikut SGCKA sajikan artikelnya agar ruangan Anda tidak terasa sempit dan susah bergerak. Simak baik-baik artikel berikut.

Tips Menata Apartemen Tipe Studio

Lupakan Kebutuhan Tersier

Alat dan furnitur yang sifatnya hanya penunjang, lebih baik tidak perlu dipaksakan untuk ada. Misalnya saja Anda rajin olahraga, lupain deh keinginan untuk meletakkan sepeda statis ke dalam unit atau ruangan Anda tersebut. Lebih baik pergi ke tempat lain yang akan memberi sensasi naik sepeda sambil berdisko ria. Supaya ruangan Anda yang luasnya sangat terbatas, tidak penuh dengan barang olahraga Anda.

Warna Serba Ringan

Hindari warna terlampau gelap dan bold pada dinding ataupun furnitur yang akan Anda gunakan di ruangan tersebut. Karena dalam interior, warna gelap dapat memberikan efek mendekat, sementara warna gelap akan membuat efek menjauh sehingga ruangan terasa dan kelihatan luas. Kami sarankan untuk mengecat ruangan Anda dengan warna serba putih, atau gunakan warna cerah seperti kuning muda dan biru muda. Serta sedikit nuansa warna kayu akan membuat ruangan terlihat lebih dingin.
Tips Menata Apartemen Tipe Studio
Tips Menata Apartemen Tipe Studio

Tempat Tidur Lipat

Invest sedikit yuk, dengan membeli tempat tidur yang bingkai ranjangnya bisa dilipat ke permukaan dinding. Namanya wall bed dan lagi happening banget di Indonesia beberapa waktu belakangan. Saat sedang tidak digunakan, Anda memiliki space lebih untuk melakukan aktivitas lain. Anda bisa memasang karpet, bantal, atau bean bag untuk alas duduk. Kalaupun ruangan masih terasa cukup untuk pakai kasur, agar lebih hemat tempat Anda cukup menggunakan tempat tidur yang ukuran queen saja.

Serba Simpel dan Mini

Karena tinggal sendirian, pilih furnitur dan perangkat rumah tangga yang serba mini dan berdesain ramping saja. Seperti memilih kulkas yang 1 pintu, menggunakan kursi makan yang tanpa sandaran agar lebih mudah saat dipindah-pindah, serta hindari full set TV home theater. Daripada punya home theater, mending nonton film di bioskop saja sama pacar, lebih asyik kan.
Tips Menata Apartemen Tipe Studio
Tips Menata Apartemen Tipe Studio

Ruang Makan Bayangan

Karena dalam unit apartemen studio umumnya hanya pantry atau dapur kecil, rasanya tidak perlu deh Anda memiliki yang namanya dapur kotor dan dapur bersih. Yang penting, desain area ini dengan furnitur yang tidak cuma mini tapi praktis juga. Masih ingat kan dengan artikel kami soal gabung ruang makan dengan dapur beberapa bulan lalu? Nah, trik yang sama bisa kamu aplikasikan di apartemen studio ini. Andalkan furnitur yang serba bisa dilipat, seperti meja makan dari bidang yang bisa dilipat atau disembunyikan ke dinding salah satunya.

Bijak Pilih Sekat

Jika Anda tetap menginginkan ada pembatas ruang, misalnya antara pantry dengan area tidur. Anda bisa mengunakan yang temporer atau dapat dipindah-pindah. Biasanya yang bisa dipindah-pindah tersebut terbuat dari bahan kayu. Supaya tidak terlalu kaku, jangan pilih sekat yang ada rotannya seperti di rumah-rumah biasa. Atau Anda juga bisa menggunakan tirai yang sewaktu-waktu bisa dibuka-tutup. Butuh rekomendasi sekat lainnya? Lemari baju pun bisa difungsikan sebagai pembatas antar ruang.
Tips Menata Apartemen Tipe Studio
Tips Menata Apartemen Tipe Studio

Lemari dengan Cermin

Sudah tahukan Anda jika yang namanya cermin itu dapat membuat efek ruang yang terlih lebih luas? Makanya tidak ada salahnya jika Anda meletakkan cermin besar di apartemen studio tersebut. Tidak perlu membeli cermin sungguhan, jika dirasa kurang pas untuk dipasang dinding. Siasati dengan lemari pakaian yang memiliki cermin di bagian pintunya ssaja! Atau bisa juga di belakang pintu apartemen. Jadi Anda selalu bisa ngaca sebelum pergi.

Tinggal di ruang yang luasnya terbatas memang menuntut kita berpikir praktis dan ekonomis kan? Selamat mencoba dan mendesain kamar apartemen Anda.

Sumber: mozaic.co.id

Dapatkan jendela dan pintu uPVC dari SGCKA untuk mempercantik serta proteksi dan pencahayaan hunian Anda. Lihat aneka koleksi jendela dan pintu uPVC dari SGCKA berikut ini.

Artikel Pilihan Lainnya

7 Tips dalam Menata Ruang Apartemen Minimalis

Artikel / Tips Menata Ruang Apartemen / Desain Ruang Apartemen

Tips Menata Ulang Sirkulasi Udara dalam Rumah

Tips menata ulang sirkulasi udara dalam rumah / Tips dan Trik

Tips Rumah Sejuk Tanpa AC

Tips / Rumah Sejuk Tanpa AC

Tips Rumah Sehat Tanpa Serangga

Info / Tips dan Trik / Tips Rumah Sehat Tanpa Serangga

Tips Menata Ruang Tamu agar Lebih Nyaman, Elegan dan Menawan

Artikel / Menata Ruang Tamu / Tips Menata Ruang Tamu