Anda sedang merencanakan untuk membeli pintu rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun belum begitu paham terkait faktor apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli pintu rumah. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membeli pintu rumah.

Pintu merupakan interior atau eksterior yang berfungsi sebagai pembatas ruang yang memberikan keamanan dan privasi bagi pemiliknya. Selain itu, sebagai akses keluar masuk, pintu harus menyesuaikan ukuran dengan tipe atau ukuran barang yang memungkinkan masuk ke dalam ruang.

Perhatikan Fungsi Pintu sebelum Menentukan Jenisnya

1. Sekuritas/Privasi

Pintu berfungsi sebagai pembatas ruang yang harus disesuaikan dengan keamanan dan privasi. Sebagai contoh, pintu bagian depan rumah seharusnya dapat memberikan keamanan terhadap rumah secara keseluruhan. Sedangkan pintu ruangan yang membatasi antar kamar tidur dan kamar mandi lebih mengutamakan privasi.

2. Akses keluar masuk

Sebagai akses keluar masuk ruangan, pintu harus memiliki ukuran yang sesuai dengan keleluasaan dan jenis barang atau manusia yang melewatinya. Seperti ruangan tidur yang perlu disesuaikan dengan ukuran ranjang, atau lemari pakaian dan lain sebagainya yang kemungkinan perlu ditempatkan dalam ruangan. Begitu pula dengan pintu gerbang yang perlu disesuaikan dengan ukuran kendaraan.

3. Sirkulasi udara dan cahaya

Memegang peran sebagai sirkulasi udara dan cahaya, Anda perlu memerhatikan jenis material yang diperlukan dalam memilih pintu. Seperti pintu berbahan kaca yang dapat memudahkan Anda mendapat asupan sinar matahari tanpa perlu membuka pintu dan lain sebagainya.

Material pintu yang digunakan

1. Pintu Kayu

Pintu kayu adalah salah satu jenis pintu yang paling umum digunakan karena cocok terhadap beragam jenis ruangan maupun bangunan. Terlebih, material kayu mudah didapat dan memiliki banyak pengrajin. Selain itu, corak unik yang dimiliki kayu dapat menambah sisi natural dan estetik dari sebuah bangunan.
Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Membeli Pintu Rumah
Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Membeli Pintu Rumah

2. Pintu Panel

Pintu panel umumnya memiliki geometri persegi dan terbuat dari material kayu seperti MDF (Medium-density fibreboard), blockboard, dan sebagainya yang memiliki harga cukup terjangkau dengan desain yang fleksibel. Sekaligus dapat dikombinasikan dengan material kaca sehingga cukup banyak konsumen yang memilih jenis pintu ini.

3. Pintu Fibreglass

Fibreglass adalah material kaca yang berupa anyaman, kuat, ringan, dan aman. Pintu ini tidak melengkung walau terkena cuaca ekstrem, dan dapat dipadukan dengan panel kayu sehingga dapat menambah nilai estetik. Tipe pintu ini sangat cocok digunakan untuk eksterior maupun interior.
Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Membeli Pintu Rumah
Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Membeli Pintu Rumah

4. Pintu Flush

Pintu ini bermaterial kayu dengan desain polos dan terdiri atas kerangka kayu yang ditutupi dengan triplek (3mm) dan dilapisi veneer atau cat duco sehingga cenderung ringan dan harga terjangkau. Pintu ini memberikan kesan elegan dan simpel sehingga sering digunakan pada bangunan tipe modern.

5. Pintu PVC

Bahan pintu berupa poly vinyl chloride (PVC) atau bahan plastik untuk pipa atau tangka air ini memiliki keunggulan berupa ukuran dan warna yang beragam, dan harganya terjangkau. Jenis pintu ini biasanya digunakan untuk pintu toilet karena anti rayap, kokoh, ringan dan tahan lembab walaupun tidak tahan cuaca ekstrem.
Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Membeli Pintu Rumah
Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Membeli Pintu Rumah

8. Pintu uPVC

Unplasticized poly vinyl chloride (uPVC) adalah bahan yang lebih kuat dan kaku dibandingkan PVC karena adanya bahan unplasticized. Material ini sangat hemat energi, kuat, tahan air dan perubahan cuaca sehingga sangat cocok digunakan untuk beragam jenis kebutuhan pintu dan jendela. Sehingga tipe pintu ini memberikan banyak keuntungan terhadap desain, penghematan energi maupun durabilitasnya.

Penentuan Model, Desain, dan Anggaran Menyesuaikan dengan Konsep Rumah

1. Tipe rumah

Sesuaikan dengan tipe atau konsep rumah yang Anda usung. Apabila Anda mengusung konsep minimalis, pintu dengan desain yang simpel, polos dan rapi dapat menjadi pilihan utama Anda.

2. Warna yang diusung

Pastikan Anda menyesuaikan warna pintu yang Anda pesan dengan konsep ruangan yang Anda usung. Apabila Anda memilih tipe monokrom, pintu dengan warna putih, abu-abu, atau hitam dapat menjadi pilihan yang tepat dibandingkan dengan warna coklat.

3. Anggaran

Sangat penting untuk juga memperhatikan detail anggaran, pastikan Anda menyisihkan anggaran khusus untuk pintu yang Anda inginkan. Tentukan budget yang Anda inginkan, disesuaikan dengan kebutuhan Anda.



Demikian ulasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli pintu rumah yang tepat. Selamat berbelanja dan semoga dapat memperoleh kebutuhan pintu Anda. Anda juga dapat menemukan kusen pintu berkualitas dari sgcka.com berupa kusen berbahan uPVC yang telah terjamin kualitasnya.



Sumber: https://www.homify.co.id