Apakah Anda pernah mengalami kasus daun pintu rumah yang bengkok? Atau jendela yang sulit ditutup, atau justru terlalu longgar? Hal tersebut bisa terjadi kerena material daun pintu dan jendela mengalami pemuaian yang disebabkan perubahan cuaca dan suhu. Pada musim kemarau, pintu akan cenderung menyusut sehingga terasa longgar. Sementara pada musim hujan, pintu cenderung memuai dan pintu menjadi sulit ditutup.

Selain karena perubahan cuaca, peregangan pada sambungan daun pintu, cat yang retak atau pintu yang telah rapuh juga menjadi penyebab daun pintu dan jendela menjadi bengkok, atau longgar. Hal tersebut tentu sedikit menyusahkan dan membuat ketidaknyaman. Apalagi jika pintu mengeluarkan bunyian dan mengganggu konsentrasi saat di rumah.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi daun pintu dan jendela yang bengkok akibat memuai.

Memilih material yang baik

Daun pintu memiliki beragam jenis dan varian material. Saat ini ada jenis daun pintu dan jendela yang terbuat dari kayu, PVC, besi maupun uPVC. Untuk kayu sebaiknya gunakan jenis yang solid dan tingkat kekeringan kayu yang baik sehingga dapat tangguh terhadap beragam cuaca. Hal ini bertujuan agar pintu awet dan tidak keropos. Sementara jika Anda memilih material besi, ada kemungkinan untuk memuai, walapun sangat kecil. Material yang paling baik sebagai daun pintu dan jendela adalah uPVC. Material ini sangat tahan terhadap beragam jenis cuaca ekstrem, anti rayap, anti karat sekaligus mampu mengurangi kebisingan.
Cara Mengatasi Daun Pintu dan Jendela yang Memuai dan Bengkok
Cara Mengatasi Daun Pintu dan Jendela yang Memuai dan Bengkok

Melapisi daun pintu dengan veener

Salah satu trik yang dapat digunakan untuk mengakali daun pintu tetap stabil adalah dengan melapisi veneer. Namun, terdapat satu kelemahan yang perlu diperhatikan yaitu lapisan veneer biasanya akan mengelupas setelah dipakai selama beberapa tahun.

Mengecat bagian pintu yang berpori

Cat tembok memiliki sifat panas bagi kayu, sehingga dapat membantu pori-pori kayu kembali ke bentuk semula. Mengecat bagian pintu dan jendela yang berpori juga dapat mengantisipasi uap air tidak masuk ke dalam pintu.
Cara Mengatasi Daun Pintu dan Jendela yang Memuai dan Bengkok
Itulah tips untuk mengatasi daun pintu dan jendela yang bengkok atau memuai. Apabila Anda ingin mencari material daun pintu dan jendela yang berkualitas dan tahan terhadap cuaca ekstrem, dapatkan di SGCKA. Tersedia beragam jenis pintu dan jendela berkualitas dengan material uPVC yang memiliki banyak kelebihan yang tidak Anda temui pada material pintu dan jendela biasa.



Sumber: rumahlia.com

Dapatkan jendela dan pintu rumah uPVC dari SGCKA untuk menghindari pemuaian dan pembengkokan material jendela dan pintu hunian Anda. Berikut aneka koleksi jendela dan pintu uPVC dari SGCKA berikut ini.

Artikel Pilihan Lainnya

Cara Memasang Kusen, Pintu dan Jendela Rumah

Artikel / Cara Memasang Kusen / Cara Memasang Daun Pintu

Keunggulan Menggunakan Jendela dan Pintu dari Bahan uPVC

Artikel / Keunggulan Menggunakan Bahan uPVC

3 Material untuk Model Kusen Pintu dan Jendela Rumah

Arikel / Material Kusen Pintu dan Jendela

Cara Merancang Jendela Kamar Tidur yang Bagus

Artikel / Jendela Kamar / Jendela Rumah